• Senin,24-Juni-2019
  • Koordinasi Sinergi PUI Bioteknologi Peternakan - PUI Tanaman Padi - PUI Teknologi Tepat Guna

Pertemuan koordinasi sinergi PUI bioteknologi peternakan, PUI padi dan PUI TTG dihadiri oleh masing-masing koordinator PUI dan tim bertempat di BBPadi Sukamandi. Beberapa hal yang dibahas meliputi:

  1. Tanda tangan PKS direncanakan tanggal 1 Juli dengan cara desk to desk telah disepakati. Kerjasama dengan paying PKS tersebut akan berlangsung selama 3 tahun, sehingga diperlukan KAK/TOR untuk masing-masing tahun dan hasil akhir yang akan dicapai.
  2. Kegiatan kerjasama utama adalah pembuatan silase jerami padi, diikuti dengan evaluasi keragaman varitas beras, dedak dan sekamnya dan pembuatan buku tentang pangan dan pangan berbasis tanaman padi. Pada tahun 2019 pembuatan silase jerami padi menggunakan jerami padi dari Sukamandi akan di analisis mulai Juli 2019. Pembuatan silase jerami padi dari Muara akan dilakukan pada Juli 2019.
  3. Kondisi jerami padi sebagai bahan silase di lapangan adalah dipanen menggunakan alat ‘tracer’. Panen dengan cara ini sudah dilaksanakan di BBPadi dan sebagian petani di beberapa daerah. Ke depannya semua panen padi akan menggunakan alat tersebut. Kondisi jerami padi adalah terpotong dan pecah, tetapi tidak seperti pemotongnan menggunakan chopper. Pembuatan silase dengan bahan jerami padi yang dipanen menggunakan tracer perlu dilakukan dan dibakukan.
  4. PUI TTG sedang memantapkan pembuatan alat press dan kemasan silase yang dapat menggabungkan press dan vakum secara efisien. Untuk kemasan silase yang praktis sedang dikembangkan menggunakan plastik PE.

Diharapkan implementasi kegiatan pembuatan silase jerami padi dapat dilakukan di Taman Sains Teknologi Pertanian yang ada di komplek Balai  Besar Padi di Sukamandi. Sedangkan evaluasi produk silase jerami padi akan dilakukan menggunakan sapi-sapi yang ada di komplek Balai Besar Padi dan sapi-sapi lain yang ada di lingkungan Kementan.

Video Profil
Foto Kegiatan
Fans Page
Produk