• Senin,01-April-2019
  • Sinergi antara PUI Bioteknologi Peternakan dengan PUI Tanaman Padi

Dalam rangka pelaksanaan sinergi antara PUI peternakan (sebagai L1) dan PUI padi (sebagai L2) telah bersepakat untuk memanfaatkan jerami padi sebagai pakan.  Jerami padi akan dibuat silase melalui fermentasi menggunakan Lactobacillus plantarum 1A-2 dengan penambahan sumber karbohidrat yaitu glukosa, dedak dan molases. Bahan baku jerami padi disediakan oleh PUI padi. Butir-butir yang dapat dilaporkan adalah

  1. Panen padi pada tanggal 1 April yang diambil jeraminya sebanyak 6 varitas, yaitu Baroma, Rindang 6-2, luhur 2, Inpari 24, Inpari 42 dan Inpari 43.
  2. Khusus panen tanaman padi untuk silase dilakukan dengan cara disabit dan jumlahnya sekitar 20 kg per varitas.
  3. Panen yang biasa dilakukan adalah menggunakan harvester, yang kemudian akan dimasukkan lagi ke tanah. Jerami padi dari harvester batangnya hancur.
  4. Panen berikutnya sebanyak 6 varitas akan dilakukan pada minggu depan.
  5. Pembuatan silase jerami padi direncanakan akan dibuat di BB Padi dan hasilnya akan diberikan sebagai uji coba pada sapi-sapi yang dipelihara di komplek BBPadi.

Pengemasan silase, akan dilakukan melalui sinergi/interaksi dengan PUI TTG, karena sangat dibutuhkan untuk mempermudah pembuatan silase dan membuat kondisi vakum selama fermentasi.

Video Profil
Foto Kegiatan
Fans Page
Produk