Dr. Ir. Syahruddin Said, M.Agr.Sc

Kepala Laboratorium Reproduksi, Pemuliaan dan Kultur Sel Hewan

Staff Laboratorium :

Laboratorium Reproduksi ,Pemuliaan dan Kultur Sel Hewan (RPKSH) adalah satudari 17 Laboratorium yang ada di Bioteknologi LIPI yang berlokasi di kawasan Cibinong Science Center – Botanical Garden (CSC – BG). Dengan SDM yang dimiliki, Lab. RPKSH telah mampu melakukan kegiatan peternakan yang strategis terutama dibidang bioteknologi peternakan. Riset yang dikerjakan adalah yang cukup mendasa rnamun dapatdiaplikasikan di masyarakat.

 

Dalam pengembangannya Lab. RPKSH telah mendukung LIPI melakukan kegiatan penelitian peternakan yang  tersebar hamper diseluruh Indonesia.  Dalam kurun waktu dua decade lebih (1992-2015), telah turut berkontribusi dalam pembangunan peternakan dengan melakukan penelitian dan pemberdayaan masyarakat di lebih 21 provinsi, 77  kabupaten/kota dan tidak kurang dari 144 kelompo kternak.

 

Sejak tahun 2011, Lab. RPKSH telah menerapkan hasil riset peternakan dalam industry peternakan sapi dengan prinsip AGBC (Academic, Businessment, Government & Community) dengan ditandatanganinya MOU dengan pihakswasta.

 

Kegiatan :

 

1. Penelitian dan Pengembangan

Fokus kami adalah penelitian dan pengembangan bidang teknologi peternakan. Pada tahun 2016 Tema penelitian kami adalah validasi marker genetic dan pendugaan parameter genetic dan sifat produktivitas sapi lokal, kultur sel sematik sebagaisumber donor Somatic Cell Nuclear Transfer (SCNT) fertilasiinvitrosperma sexing, dan produksi yogurt simbiotik.

 

2. Capacity Building

Peningkatan pengetahuan, keahliandan keterampilan staff selalu dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan keikutsertaan,  dalam pertemuan ilmiah dan lain-lain

 

3. Alih Teknologi dan Kerjasama

Lab. RPKSH melakukan alih teknologi penelitian di lebih dari21 provinsi, 77 kabupaten/kotadan tidak kurangd ari 144 kelompok ternak di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu kerjasama operasional (KSO)  juga telah dilakukan dengan pihak swasta sejak tahun 2011.

 

Kompetensi inti:

 

Melakukan penelitian dan pengembangan teknologi reproduksi dan pemuliaan ternak serta sel kultur hewa nuntuk:

• Produksi bibit ternak unggul melalui bioteknologi reproduksi

• Konservasi dan pengembangan sumber daya genetik ternak lokal

• Kultur dan konservasi sel mamalia (sperma, embrio, galursel) secara in vitro

• Penanganan kesehatan hewan

 

 

Info Laboratorium

-