Layanan Jasa Pengujian Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB)

Saat ini LPB dapat melayani beberapa jasa pengujian diantaranya mikrobiologi, biologi molekuler, kimia, dan energi. Pengujian dikelola dengan manajemen yang mengacu pada standar yang disyaratkan oleh SNI ISO/IEC 17025, yaitu "Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi". Pelanggan yang telah memakai jasa pengujian berasal dari instansi pemerintah, swasta, dan perguruantinggi. Disamping menerapkan manajemen mutu untuk menjamin kepuasan pelanggan, laboratorium juga menawarkan tariff jasa yang kompetitif. Laboratorium memberikan alternative tempat pengujian yang berusaha mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. Efisiensi waktu pengujian menjadi salah satu indikator yang terus diperbaiki. Peralatan pengujian dikalibrasi,  begitu pula dengan kondisi lingkungan yang dikendalikan untuk menjaga mutu hasil. Pelanggan dipersilahkan mengirimkan atau mengantarkan sendiri contoh uji ke LPB. Berikut adalah penjelasan secara singkat beberapa parameter pengujian yang ditawarkan.

 

Identifikasi Mikroba secara Molekuler (16S rDNA)

 

Indentifikasi mikroba berbasis DNA akan semakin dibutuhkan karena lebih praktis, reproducible, dan spesifik disbandingkan dengan metode fenotipik. Profilmetabolik dan komposisi kimia mikroba yang menjadi basis analisis secrafenotipik sangat terpengaruh salah satunya oleh perubahan kondisi lingkungan. Dengan demikian hasil analisis bisa berbeda signifikan jika diulang. Oleh Karena itu identifikasi secara molekuler menjadi pilihan yang tepat. Sampel yang diterima oleh laboratorium bermacam-macam, termasuk isolatmurni, sampel berbentu kcairan, serbuk, dan tanah.

 

Analisis Kimia dengan Gas Chromatography (GC)

 

Beberapa senyawa yang menjadi target analisis diantaranya adalah metanol, etanol, etilen, asetilen, hidrogen, dankarbondioksida. Pengujian dengan alat GC menjadi pilihan penting ketika sampel yang ada berupa gas dengan konsentrasi yang kecil. Kromatografi gas dapat memisahkan senyawa dengan titik didih yang berdekatan. Dengan gas sebagai pembawa, kesetimbangan termal dan kimia antara fase gerak dan fase diam lebih cepat tercapai sehingga waktu analisis juga lebih singkat.

 

Proksimat

 

Pengujian proksimat dapat dilakukan pada banyak jenis bahan uji, mulai dari bahan mentah, pangan, dan pakan, hingga obat herbal. Komposisi bahan dalam pakan maupun bahan mentah menentukan mutu ternak dan hewan piaraan lainnya. Analisis kandungan bahan pangan juga penting untuk mengetahui maupun menyeimbangkan gizi. Untuk mengetahui komposisi tersebut, analisis proksimat yang dilakukan ditunjang oleh peralatan yang modern. Disamping kadar air, bahan kering, dan bahan organik, LPB dapat memberikan informasi kadar lemak, protein, dan serat kasar dalam contoh uji.