Dissemination

Produk  unggulan  bioteknologi  peternakan  Pusat  Penelitian  Bioteknologi  yang dikembangkan meliputi antara lain; formulasi pakan konsentrat ternak khususnya sapi potong dan pedaging, probiotik, teknologi pembuatan silase, bibit unggul sperma sexing, teknologi kelahiran kembar, teknologi peningkatan ketahanan sapi bali terhadap penyakit jembrana (vaksin jembrana), kit untuk mendeteksi apakah sapi terinfeksi atau bebas penyakit jembrana. Sedangkan jasa layanan lembaga litbang terkait bioteknologi peternakan meliputi antara lain; identifikasi bakteri dengan pendekatan molekuler, angka lempeng total (TPC), analisis proksimat pakan, central milk testing, koleksi dan pemrosesan sperma sexing, Inseminasi buatan.

 

Tahun 2017 Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI telah membangun sistim informasi hasil penelitian berbasis web (Sisinfo-PHP Biotek), untuk pengelolaan informasi hasil penelitian. Informasi yang ditampilkan meliputi database hasil penelitian, kekayaan intelektual, laboratorium dan kegiatan penelitian. Informasi pada database sisinfo-PHP Biotek, termasuk produk unggulan bioteknologi peternakan terus diperbaiki dan menjadi target jangka pendek sebagai upaya untuk mengenalkan produk bioteknologi peternakan kepada stakeholder dan masyarakat luas.

 

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI menyediakan informasi layanan jasa melalui website yang dapat dilihat melalui tautan www.biotek.lipi.go.id. Informasi yang tersedia saat ini masih terbatas pada jenis layanan yang ada pada PP No 32 tahun 2016 tentang tarif PNBP yang berlaku di LIPI. Beberapa jenis layanan yang belum masuk akan segera diusulkan atau dapat diselenggarakan melalui kerjasama sebagaimana dijelaskan pada pasal 2 PP No. 32 tahun 2016. Sehingga dalam jangka pendek informasi layanan di website perlu diperbaharui.

 

Stakeholder  utama  dari  produk  bioteknologi  peternakan  meliputi  masyarakatpeternak sapi potong dan perah, akademisi, dan industri berbasis peternakan sapi potong dan perah. Untuk memperoleh impact yang maksimum, maka Pusat Penelitian Bioteknologi akan mengadopsi pendekatan multi channel dissemination, termasuk di dalamnya (1) program penyadartahuan melalui berbagai saluran informasi baik on line (website, video, & media sosial) dan off line (katalog produk dan brosur), (2) pembentukan forum komunikasi bidang peternakan dengan stakeholder terkait, (3) sosialisasi program dan produk kepada kelompok ternak binaan, (4) bisnis matching meeting dengan industri berbasis peternakan, (5) alih teknologi dan kerjasama lisensi dengan ternak binaan, UMKM atau industri berbasis peternakan. Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian berperan penting dalam kegiatan diseminasi berkoordinasi dengan satker terkait seperti Pusat Inovasi LIPI untuk kegiatan inkubasi dan komersialisasi produk