• Senin,20-Agustus-2018
  • Evaluasi Kualitas Pakan Dan Ekologi Rumen Untuk Meningkatkan Produktivitas Sapi Potong Dan Sapi Perah

Cibinong- Pusat Unggulan Iptek (PUI) Peternakan LIPI mengadakan kegiatan workshop dengan tema “Evaluasi Kualitas Pakan dan Ekologi Rumen untuk Meningkatkan Produktivitas Sapi Potong dan Sapi Perah”. Kegiatan dilakukan selama 3 hari, mulai 13-15 Agustus 2018, di Gedung Peternakan, Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Kegiatan diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, dan dosen, di antaranya berasal dari Universitas Padjajaran, IPB, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Gorontalo. Selain itu, peserta berasal daribeberapa pegawai dari perusahaan di Indonesia. Salah satunya peserta berasal dari PT. Astra Agro Lestari Tbk. Adapun kegiatan ini bekerja sama dengan beberapa pihak terkait, di antaranya dengan Fakultas Peternakan IPB, PT. Buchii Indonesia, PT. Gene Craft, dan PT. Pertamina Indonesia.

Hari pertama, kegiatan diawali dengan pemberian materi kualitas pakan sapi potong dan sapi perah oleh Prof. Dr. Nahrowi. Dilanjutkan penyampaian materi oleh Dr. Jayanegara mengenai evaluasi kualitas pakan menggunakan metode in vitro. Kedua pemateri tersebut merupakan dosen Fakultas Peterkan-IPB. Pada kegiatan ini, peserta juga diperbolehkan untuk membawa sampel bahan pakan maksimum 5 macam masing-masing 100 gram. Sampel-sampel tersebut nantinya dapat diuji langsung saat praktek. Salah satu uji sampel yang dilakukan menggunakan NIRS (Near-Infrared Spectroscopy) yang teruji secara in vitro dan in vivo . Sampel dianalisis kandungan nutrisinya dengan menggunakan bantuan infrared, sehingga tidak memerlukan waktu yang cukup lama untu mengetahui kandungan nutrisinya. Materi analisis NIRS dipandu oleh Erni Susanti, S.T, dari PT. Buchii Indonesia.

Para peserta pelatihan ini sangat antusias mengikuti setiap tahapan kegiatan. Pada hari kedua, seluruh peserta beserdia hadir sangat pagi. Peserta langsung turun tangan untuk mengambil cairan rumen sapi di kandang sapi Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Nantinya cairan tersebut akan digunakan untuk evaluasi kualitas pakan secara in vitro.

Tidak hanya itu, para peserta juga diajarkan cara untuk mengetahui persebaran mikroorganisme dalam ekologi rumen dengan analisis molekuler oleh Dr. Roni Ridwan, peneliti LIPI. Mulai dari ekstraksi DNA bakteri, pengukuran konsentrasi DNA bakteri hasil ekstraksi. Selanjutnya dilakukan analisis q-PCR. Adanya informasi ekologi rumen dengan penerapan metode metagenom 16S rDNA ini dapat memberikan pemahaman yang luas terhadap interaksi mikroorganisme rumen tersebut. Selain itu, peserta juga diajarkan cara mengolah data dengan statistika.Kegiatan selama tiga hari yang padat akan ilmu sangat dinikmati oleh peserta. Diharapkan kegiatan pelatihan ini dapat memberikan informasi beberapa acara peningkatan kualitas pakan sehingga dapat mengingkatkan  produktivitas ternak sapi potong dan sapi perah di Indonesia

Video Profil
Foto Kegiatan
Fans Page
Produk